,
Jakarta, Suara Journalist KPK | Pengaduan dugaan tindak pidana  keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh Sekda selaku Atasan PPID...
Papua, SuaraJournalist-KPK | Menjelang 18 Tahun Otsus diberlakukan di Provinsi Papua, tidak efesien untuk mengatasi atau mengurangi berbagai...
Jakarta, Suara Journalist KPK - Sesuai prosedur sebelum dilakukan jual beli tanah PPAT menerangkan langkah - langkah dan persyaratan yang diperlukan...
BIAK koransuarajournalist-kpk.id  komunitas masyarakat adat papua anti korupsi kampak papua ketika diwawancarai pada hari senin tanggal 07...
Biak, Suara Journalist KPK Kasus korupsi yang sekarang sedang mencuat di Kabupaten Biak Numfor hingga kini belum bisa diselesaikan oleh penegak...
Suarajournalist-kpk.id-Jakarta-Maraknya prilaku corrupt di tataran pejabat pemerintah semakin hari semakin memprihatinkan. Seakan Slogan Revolusi...
27 Juli 2019 | Dibaca: 62 Kali
Akses Jalan Nasional Sumenep – Slopeng Dikeluhkan Warga

Sumenep, Suara Jurnalis KPK - Kondisi Jalan yang menghubungkan beberapa kecamatan di utara Kabupaten Sumenep rusak berat, tepatnya di sepanjang Jalan Raya Desa Lalangon, Desa Giring, Desa Manding Laok Kecamatan Manding dan Desa Kecer Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep.

Banyak masyarakat menjadi korban akibat kondisi jalan yang sangat memprihatinkan tersebut, bahkan terakhir ada yang meninggal dunia terlindas truk akibat terjatuh terperosok lubang yang berdiameter cukup lebar dan dalam.

Hal tersebut sesuai dengan keluhan yang disampaikan masyarakat Desa Lalangon kepada media ini, P. Soleh “miris mas melihat kondisi jalan ini (sambil menunjuk kepada bagian bagian jalan yang rusak berat), entah mau di diamkan sampai kapan kondisi jalan yang seperti ini? Apa mungkin sampai ada korban jatuh lagi baru mau diperbaiki ? Tuturnya.

“Padahal jalan ini juga merupakan akses menuju Wisata Pantai Slopeng, tapi sepertinya kok di anak tirikan, ini tak sejalan dengan visit sumenep yang katanya mulai tahun 2018 kemarin Destinasi Wisata Untuk Kabupaten Sumenep.” Lebih lanjut penjelasan lelaki yang berprofesi sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Kabupaten Sumenep ini.

Melihat kondisi jalan yang rusak cukup berat tersebut,lanjut lebih jauh menghubungi beberapa pihak terkait, salah satu diantaranya Kepala Bidang Pemeliharaan Dinas PU Bina Marga Kab. Sumenep Agus Ribut Susanto S.T M.T.

P. Ribut, lebih akrab beliau disapa, menjelaskan bahwa “kalau jalan itu (Jalan Raya Lalangon – Slopeng) itu wewenang dan wilayahnya Dinas P.U. Bina Marga Propinsi Wilayah Madura, kami tidak berani ambil kebijakan terkait kondisi jalan tersebut, takut tumpang tindih nantinya, jelasnya.

Lebih lanjut beliau memberikan arahan untuk coba klarifikasi ke Dinas PU Bina Marga Propinsi yang kantor Pembantunya beralamat di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo di Kabupaten Sumenep.

Saat berusaha menemui Kepala Pembantu Dinas PU Bina Marga Propinsi Wilayah Madura di kantornya ternyata tidak ada, penjelasan Bapak Fauzi selaku staff yang bertugas bahwa “Bapak sedang ke Kantor Wilayah di Pamekasan ada rapat dengan Anggota DPRD Propinsi Jawa Timur” jelasnya.

Setelah menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan ke Kantor Pembantu Dinas PU Bina Marga Propinsi, akhirnya lebih lanjut Fauzi menjelaskan bahwa “kalau Jalan Raya Lalangon melalui Kecamatan Manding menuju Pantai Slopeng itu juga bukan wewenang Dinas Propinsi tapi Wewenang Dinas Metro, itu masuk kategori Jalan Nasional, ujarnya.

“Wewenang dan wilayah kami disini terbatas, hanya sebagian kecil meliputi Jalan Raya Pamolokan Dari Tugu Ayam ke timur menuju Pantai Lombang, sedang yang dari Tugu Ayam ke utara menuju Pantai Slopeng itu sekitar 3 Tahun yang lalu sudah diambil alih Wilayah Metro yang kantor Pembantunya ada di Kabupaten Pamekasan, jadi kalau memang mau klarifikasi terkait jalan tersebut sampeyan bisa menghubungi Dinas tersebut di Kab. Pamekasan.” Jelasnya lebih jauh.

Saat ini kita masih berusaha mencari akses untuk menghubungi Dinas Terkait yang mempunyai wewenang dan tanggung jawab terhadap perbaikan Jalan Nasional yang juga merupakan Akses menuju tempat wisata Pantai Slopeng tersebut. (M. Sirat)
Jl. Sunan Drajad No. 2B, Kel. Jati. Kec. Pulo Gadung
Kota Jakarta Timur. DKI Jakarta 13220
Telp. : 021 4786 3331
Mobile/HP : 0813.8438.7157 – 0856 9018 509
>