,
Jakarta, Suara Journalist KPK | Pengaduan dugaan tindak pidana  keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh Sekda selaku Atasan PPID...
Papua, SuaraJournalist-KPK | Menjelang 18 Tahun Otsus diberlakukan di Provinsi Papua, tidak efesien untuk mengatasi atau mengurangi berbagai...
Jakarta, Suara Journalist KPK - Sesuai prosedur sebelum dilakukan jual beli tanah PPAT menerangkan langkah - langkah dan persyaratan yang diperlukan...
Suarajournalist-kpk.id-Jakarta-Maraknya prilaku corrupt di tataran pejabat pemerintah semakin hari semakin memprihatinkan. Seakan Slogan Revolusi...
Sumenep, Suara Jurnalis KPK - KPK melakukan pengecekan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 37 pejabat di Provinsi Jawa Timur. Para...
Membuanan di dunia aktifis, Johan rumkorem meminta masyarakat ikut berperan penting untuk megawal Pemerintah daerah dan DPRP serta DPRD di...
24 Mei 2019 | Dibaca: 141 Kali
Perhatian Bupati Pati Terhadap Para Guru TPQ Dengan Menyerahkan Bantuan


Suarajournalist-kpk.id-Pati-
Penerima Bankes Terus Meningkat, Bupati Akan Usahakan Kenaikan Nominal Bantuan
Rangkaian agenda penyerahan bantuan 
kesejahteraan bagi guru TPQ, sekolah minggu dan madrasah diniyah beserta pengelola pondok pesantren tahun 2019 berakhir di eks-kawedanan Pati, yang dilaksanakan hari ini (22/5) bertempat di Masjid Baitunur Pati.

Penyerahan bantuan ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, beserta jajaran yang membidangi. Tak ketinggalan jajaran Kantor Kemenag Pati juga koordinator guru madin, TPQ dan sekolah minggu, serta koordinator satuan pendidikan se eks Kawedanan Pati, turut hadir dalam kesempatan ini.

Dalam sambutannya Bupati Pati Haryanto menyampaikan bahwa hari ini adalah jadwal terakhir dari penyerahan bantuan di lima eks-kawedanan. Ia mengatakan, kemarin telah menyerahkan bantuan kesejahteraan di wilayah eks-kawedanan Juwana, Jakenan dan Kayen. Sedangkan hari ini, Bupati telah membagikan bantuan di eks-kawedanan Tayu dan Pati.
"besok kita sudah mulai salurkan bantuan bagi para pengurus masjid, mushala maupun tempat ibadah lain, InsyaAllah sebelum Hari Raya Idul Fitri diharapkan bisa tersalurkan," ungkap Bupati.

Meski nilainya tidak seberapa, Bupati berharap bantuan ini bisa membantu para penerima. Meskipun nilai yang didapat belum sesuai harapan tetapi Bupati menjelaskan untuk jumlahnya tiap tahun selalu diusahakan semakin meningkat. 
"Dengan nilai sejumlah yang diterima dikalikan dengan jumlah penerima, maka alokasi dana yang digunakan juga cukup banyak, karena tiap tahun nilainya meningkat. Demikian juga jumlah tenaga pendidik dari TPQ, Madin dan sekolah Minggu juga bertambah," ujar Bupati.

Bupati menjelaskan, pada tahun sebelumnya Pemkab Pati memberi bantuan kesejahteraan bagi 12 ribuan pendidik saja. Namun tahun ini Pemkab bisa memberikan bantuan kepada 13.370 guru TPQ, Madin, Sekolah minggu. Dimana mayoritas penerima bantuan adalah guru TPQ yang jumlahnya kurang lebih 9 ribuan. Hal ini menunjukan bahwa pendidikan Al-Quran di tiap desa semakin berkembang.
"Selain bankes untuk guru madin, TPQ, dan sekolah minggu kita juga akan berikan bantuan kepada pengasuh pondok pesantren di 200  ponpes yang terdaftar di Kemenag Pati," imbuhnya.

Haryanto berharap tambahan kesejahteraan ini bisa menambah semangat mengajar karena mereka merupakan agen pendidik generasi muda untuk bisa baca tulis Al-Quran dan ilmu agama sehingga generasi muda memiliki bekal agama yang cukup. Sehingga generasi muda tidak tersesat dalam kehidupan bermasyarakat maupun gangguan yang diakibatkan disintegrasi di masa modern ini.
"Kami berpesan kepada semua koordinator untuk sesegera mungkin bantuan diterimakan kepada yang berhak," tegasnya.

Sementara itu menurut Kepala Disdikbud Winarto dalam laporannya menyampaikan, jumlah total penerima bankes se eks kawedanan Pati berjumlah total 3882 penerima. Dengan rincian guru TPQ (2073), guru madin (535), dan guru sekolah minggu (1274). Masing- masih penerima bankes akan menerima Rp 750.000.(Sp/humas)
Jl. Sunan Drajad No. 2B, Kel. Jati. Kec. Pulo Gadung
Kota Jakarta Timur. DKI Jakarta 13220
Telp. : 021 4786 3331
Mobile/HP : 0813.8438.7157 – 0856 9018 509
>