,
BALI - Seorang warga (39) yang juga kelahiran Jakarta ini, kebingungan hingga pusing tujuh keliling lantaran akses jalan menuju rumahnya ditutup oleh...
Jakarta- Notaris Ngadino memutuskan akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang sebagai bakal calon Walikota periode...
BALI - Kasus dugaan pemerasan dan pengancaman yang dilakukan oleh seorang terapis pijat asal Buleleng, Bali bernama Ni Luh Putu Sudiarmi di...
Makassar, Suara Journalist KPK  Tim penyidik kejaksaan menetapkan tiga tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan perpustakaan...
Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe seakan tak henti-hentinya berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kasus yang membelitnya cukup...
Jakarta, Suara Journalist KPK Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK. Tak tanggung-tanggung,...
13 Agustus 2023 | Dibaca: 1568 Kali
Peringati HUT Ke-50 Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Jakarta Gelar kegiatan PIR Jakarta 2023

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Cabang Jakarta menyelenggarakan kegiatan PIR Jakarta 2023, Kegiatan tersebut berlangsung di Ritz Carlton Hotel di Mega Kuningan Jakarta pada hari Sabtu dan Minggu 12-13 Agustus 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan PDPI cabang Jakarta. 

Selain sebagai kegiatan Ilmiah yang bersifat rutin, kegiatan PIR Jakarta 2023 adalah bertujuan untuk memperbarui ilmu, pengetahuan dan keterampilan klinis sejawat dokter khususnya dokter spesialis paru dan pernapasan pada era pascapandemi. 

Hal tersebut sesuai dengan topik yang diangkat pada kegiatan PIR tahun ini yakni “Post-Pandemic Potential Concern in Respiratory Heaith”. 

Kegiatan ini menyasar peserta yang berasal dari dokter spesialis paru dan sejawat dokter, dokter residen paru dan pernapasan, mahasiswa kedokteran serta tenaga medis lainnya yang tertarik dalam bidang paru dan pernapasan. 

Diharapkan pasca kegiatan ini nantinya  para peserta tidak hanya mampu menganalisis situasi dan kondisi yang berkaitan dengan kesehatan paru dan pernapasan pascapandemi COVID-19.

Tetapi juga mampu mengantisipasi dan mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan khususnya dalam diagnosis dan tata laksana penyakit paru dan pernapasan. 

Adapun subtopik yang diangkat dalam pekan ilmiah respirasi ini yaitu mengenai sindrom gawat napas akut pada era pandemic COVID-19, dampak asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) terhadap kualitas hidup.

Serta potensi fokus pascapandemi bidang pernapasan, tata laksana asma dan PPOK, rokok elektronik dan polusi udara beserta dampak terhadap pernapasan, tata laksana terbaru kanker paru, penyakit jamu dan virus paru terbaru pada era COVID-19, fibrosis paru dan tata laksana tuberkulosis (TB). 

Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka menghadapi era pascapandemi dan juga sebagai bentuk titik balik terhadap protokol serta penelitian yang telah dikerjakan semasa pandemi COVID-19.

Sebagai apresiasi atas  dedikasi dokter spesialis paru yang telah mengabdi pada bidang kesehatan paru dan pernapasan serta sejawat spesialis paru yang telah memberikan kontribusi sebagai pemimpin juga diberikan penghargaan sebagai penghormatan. 

DR. Dr. Anna Rozaliyani,M.Biomed,Sp.P(K)., Ketua PDPI Cabang Jakarta menjelaskan bahwa acara ini adalah acara rutin tahunan. "Selain mengundang teman teman dari dokter paru kami juga mengundang dokter umum dan mahasiswa juga untuk meramaikan acara ini". 

Disini kami ingin berbagi ilmu pengetahuan tentang kesehatan paru. Diharapkan kedepannya kami nanti bisa bersinergi dengan stakeholder terkait seperti yayasan kanker Indonesia, perkumpulan pemberantasan tuberkulosis yang saat ini menjadi mitra kami. 

"Kami berharap PDPI yang telah menginjak usia 50 tahun ini bisa semakin solid dan bisa memberikan pelayanan kepada pasien/masyarakat Indonesia".

Sementara itu Dr. Hario Baskoro, Sp.P., selaku ketua Panitia menambahkan bahwa acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan baru bagi para peserta juga sebagai bentuk Sarasehan HUT PIR PDPI Jakarta ke-50.

Acara ini juga diisi dengan kegiatan diskusi serta pemberian penghargaan kepada para dokter paru yang berprestasi. Selain kegiatan ilmiah seperti presentasi poster, kegiatan juga diisi dengan perlombaan fotografi  dan sebagai penutup kegiatan juga dilanjutkan dengan rangkaian peringatan ulang tahun emas organisasi PDPI yang sudah menginjak usia 50 tahun.
Jl. Sunan Drajad No. 2B, Kel. Jati. Kec. Pulo Gadung
Kota Jakarta Timur. DKI Jakarta 13220
Telp. : 021 4786 3331
Mobile/HP : 0813.8438.7157 -

Perwakilan Jawa Tengah
Omah Journalis.
Jl. Raya Pati - Jepara
Desa Payak Barat, RT. 09/RW III. Kec. Cluwak, Kab. Pati
Kode Pos 59157. Telp/WA. : 0878 1504 0283
>