,
Sungguh tragis Rekayasa Laporan keuangan yang terjadi pada BUMN dan  perusahaan terbuka (Tbk) yang listed dibursa saham seperti pada  PT....
Menjadi tanggung jawab Direksi, menyajikan laporan keuangan yang sesuai prinsip dan standar akuntansi yang diterima umum, merupakan kewajiban yang...
Aksi demonstrasi Jaringan Mahasiswa Hukum Indonesia (JMHI) di kantor pusat Bank Rakyat indonesia dan gedung Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) pada 15...
Penggiat anti korupsi LSM Kampak Papua mendesak kepada Polda Papua agar secepatnya menetapkan tersangka dugaan korupsi anggaran Sentra Pendidikan...
Sepuluh Desa di Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan bakal dilaporkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Wajo, atas dugaan...
SUARAJOURNALIST-KPK.ID | Jakarta-Salah satu tugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah melakukan penyelidikan, penyidikan dan penuntutan...
22 September 2020 | Dibaca: 797 Kali
Tingkatkan Waspada Terhadap Virus Corona, UPTD Puskesmas Wae Codi Gelar Sosialisasi

SUARAJOURNALIST-KPK.ID | NTT- Petugas Kesehatan yang tergabung dalam Tim Promosi Kesehatan   dari UPTD Puskesmas Wae Codi kec. Cibal Barat kabupaten Manggarai NTT mengadakan kegiatan Sosialisasi kepada masyarakat desa Waerenca tentang kewaspadaan terhadap Corona Viruses Desease (Covid 19). Kegiatan sosialisasi diselenggarakan di aula kantor desa Waerenca kec. Cibal Barat kabupaten Manggarai, Selasa, (22/09/2020).
 
Robertus Karmanto selaku Ketua Tim Promosi Kesehatan menjelaskan kegiatan sosialisasi diselenggarakan sebagai suatu bentuk dukungan dan kepedulian pemerintah melalui Dinas Kesehatan khususnya dalam menangani masalah Corona Viruses Desease (Covid 19) di wilayah kecamatan Cibal Barat.
"kegiatan hari merupakan bagian dari kegiatan Tim Promosi Kesehatan Puskesmas Wae Codi, tujuannya untuk menyampaikan informasi terkait apa itu Virus Corona, cara pencegahannya, kemudian cara penanganannya terhadap pelaku perjalanan yang datang dari luar wilayah puskesmas Wae Codi ," tutur Robertus Karmanto.

Pihaknya, menjelaskan bahwa bentuk kegiatannya berupa penyuluhan untuk menjaga kesehatan masyarakat melalui tata cara pemakaian masker, cuci tangan pakai sabun dan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal keluarga masing masing.
Selain itu, Point penting disampaikan dalam kegiatan ini yakni ancaman virus Corona sudah ada di sekitar lingkungan kita. Karena itu, masyarakat dihimbau wajib tahu cara mengatasinya supaya bebas dari serangan virus corona.

Beliau menambahkan bahwa kegiatan sosialisasi diadakan sebagai dukungan untuk menjaga kesehatan masyarakat agar terhindar dari pemaparan virus corona sebagaimana diketahui jumlah kasusnya dari hari ke hari semakin meningkat di kabupaten Manggarai.
seperti kita ketahui sampai saat ini jumlah kasusnya dari hari ke hari semakin meningkat. Dan untuk kabupaten Manggarai saja kasusnya sudah mencapai 27 kasus dengan rincian yang sembuh sudah ada 4 orang, kemudian yang meninggal 1 orang, dan yang sementara dirawat sekitar 22 orang. Dan di kecamatan Cibal Barat sendiri khususnya di Desa Compang Cibal kampung Keker-Kaca ada 2 kasus, sampai saat ini 1 orang sudah sembuh dan 1 orang sementara di karantina di Wisma Atlet Golo Dukal Kabupaten Manggarai.

Yohanes F.  Hensa yang akrab disapa Erdin selaku Penanggung jawab pustu desa Waerenca, menyampaikan terima kasih kepada Tim Promosi Kesehatan dari UPTD Puskesmas Wae Codi atas dukungan kegiatan sosialisasi yang diberikan kepada masyarakat desa Wae renca.

"saya sebagai Penannggungjawab pustu desa Waerenca sangat berterimakasih kepada Tim Promosi Kesehatan dari puskesmas yang pada hari datang sosialisasi mengenai masalah Covid 19 di wilayah tugas saya," ujarnya.

Erdin, menilai  kebiasaan hidup masyarakat desa Waerenca kurang memperhatikan protokol kesehatan yang dicanangkan oleh pemerintah. Hal ini disampaikannya saat diwawancarai media ini di sela kegiatan berlangsung.
"selama ini, saya melihat masyarakat di desa Waerenca sudah mulai mengabaikan protokol kesehatan. Sekarang, banyak acara adat dan pesta sekolah diadakan di kampung kampung yang notabenenya  mengumpulkan banyak orang tanpa memperhatikan protokol kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Erdin, mengaku cukup dilema melihat kebiasaan masyarakat yang kurang memperhatikan protocol kesehatan. Dengan hadirnya tim dari puskesmas ini dapat memberika pencerahan kepada masyarakat khususnya yang ikut kegiatan sosialisasi bisa membawa pulang pengetahuan ini dan bisa diterapkan di rumah.(MT/SJ-KPK)
 
Jl. Sunan Drajad No. 2B, Kel. Jati. Kec. Pulo Gadung
Kota Jakarta Timur. DKI Jakarta 13220
Telp. : 021 4786 3331
Mobile/HP : 0813.8438.7157 – 0856 9018 509
>