,
Jakarta, Suara Journalist KPK | Pengaduan dugaan tindak pidana  keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh Sekda selaku Atasan PPID...
Papua, SuaraJournalist-KPK | Menjelang 18 Tahun Otsus diberlakukan di Provinsi Papua, tidak efesien untuk mengatasi atau mengurangi berbagai...
Jakarta, Suara Journalist KPK - Sesuai prosedur sebelum dilakukan jual beli tanah PPAT menerangkan langkah - langkah dan persyaratan yang diperlukan...
BIAK koransuarajournalist-kpk.id  komunitas masyarakat adat papua anti korupsi kampak papua ketika diwawancarai pada hari senin tanggal 07...
Biak, Suara Journalist KPK Kasus korupsi yang sekarang sedang mencuat di Kabupaten Biak Numfor hingga kini belum bisa diselesaikan oleh penegak...
Suarajournalist-kpk.id-Jakarta-Maraknya prilaku corrupt di tataran pejabat pemerintah semakin hari semakin memprihatinkan. Seakan Slogan Revolusi...
05 Maret 2020 | Dibaca: 105 Kali
Forum Energeizing Indonesia Gelar Seminar Subtinable Energi For Indonesia Di Jakarta

Forum Energizing Indonesia Ikatan Alumni Departemen Teknik Gas Petro Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FEI ILUNI DTGPK FTUI) kembali menggelar Seminar Nasional. Dalam seminar ke-9 ini tema yang diangkat adalah tentang ketahanan energi nasional atau “Sustainable Energi for Indonesia.”

Hadir sebagai pembicara utama adalah Menristek/Kepala BRIN Prof. Bambang Brodjonegoro dan direktur utama Pertamina Nicke Widyawati. Acara ini akan diselenggarakan di hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pada hari Rabu (4/9/3/2020).

Ketahanan energi (energy security) digambarkan dengan beberapa indikator, yakni ketersediaan fisik (availability), kemudahan mendapatkan (accessibility), keterjangkuan harga (affordability), bagaimana kualitasnya yang dapat diterima (acceptability) serta bagaimana kesinambungan atau keberlanjutan (sustainability) dari sistem penyediaan-permintaan energi yang ada. Sebagai hasil dari pertumbuhan ekonomi yang telah berlangsung beberapa dekade, pertambahan penduduk (termasuk migrasi dari desa-desa ke kota), serta perubahan gaya hidup yang semakin energy-intensive, permintaan (konsumsi) terhadap energi terus tumbuh di Indonesia.

Saat ini, sistem energi global sedang mengalami perubahan fundamental yang memengaruhi hampir semua negara dan akan memiliki konsekuensi geopolitik yang luas. Kemajuan teknologi dan penurunan biaya teknologi membuat energi terbarukan tumbuh lebih cepat daripada sumber energi lainnya. Bahkan, beberapa teknologi energi terbarukan, seperti surya dan air, sudah bisa lebih kompetitif dari bahan bakar fosil di sektor ketenagalistrikan. 

Daya saing tersebut belum memperhitungkan kontribusi energi terbarukan dalam mengurangi polusi udara dan mencegah dampak perubahan iklim. Fakta-fakta di atas mengharuskan Indonesia untuk semakin serius menjaga keberlangsungan energi nasional. Dengan kata lain ketergantungan kepada fossil fuels harus dikurangi secara bertahap dan sistematis dan siap untuk melakukan transformasi secara besar-besaran dalam pemanfaatan energi baru dan terbarukan, salah satunya kelapa sawit. Apakah kelapa sawit merupakan salah satu jawaban untuk menjaga kesinambungan ketersediaan energi di Indonesia?

“Kiranya dalam Seminar Nasional-9 FEI ini para pemangku jabatan dan seluruh pihak yang terkait dalam permasalahan bisa memberikan pemaparan, pembelajaran dan jalan keluar atau rekomendasi yang konstruktif untuk bangsa ini,” ujar Mauren P. L Toruan, Ketua Forum Energizing Indonesia ILUNI DTGPK FTUI.

Ada pun Seminar Nasional Forum Energizing Indonesia berawal diskusi energi yang dilaksanakan oleh alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan dalam perkembangannya FEI berkolaborasi dengan kegiatan Petrogas Days yang diselenggarakan oleh mahasiswa Teknik Kimia Universitas Indonesia. 

Hingga saat ini acara seminar nasional yang diselenggarkan 2 kali setahun ini dikoordinasikan oleh para mahasiswa sendiri dengan bantuan, bimbingan dan kerjasama dengan Alumni Universitas Indonesia.

“diharapkan dengan adanya seminar nasional yang dilaksanakan oleh Forum Energizing Indonesia, alumni dapat berperan aktif dalam memberi kontribusi nyata untuk departemen Teknik Kimia FTUI serta kepada mahasiswa. Selain itu mahasiswa bisa mendapatkan pendidikan soft skill yang memadai untuk nantinya dapat berguna dalam dunia pekerjaan," ujar Gerry R. L. Tamon, Ketua Panitia Seminar Nasional ke-9 Forum Energizing Indonesia.

Jl. Sunan Drajad No. 2B, Kel. Jati. Kec. Pulo Gadung
Kota Jakarta Timur. DKI Jakarta 13220
Telp. : 021 4786 3331
Mobile/HP : 0813.8438.7157 – 0856 9018 509
>