,
Jakarta, Suara Journalist KPK | Pengaduan dugaan tindak pidana  keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh Sekda selaku Atasan PPID...
Papua, SuaraJournalist-KPK | Menjelang 18 Tahun Otsus diberlakukan di Provinsi Papua, tidak efesien untuk mengatasi atau mengurangi berbagai...
Jakarta, Suara Journalist KPK - Sesuai prosedur sebelum dilakukan jual beli tanah PPAT menerangkan langkah - langkah dan persyaratan yang diperlukan...
BIAK koransuarajournalist-kpk.id  komunitas masyarakat adat papua anti korupsi kampak papua ketika diwawancarai pada hari senin tanggal 07...
Biak, Suara Journalist KPK Kasus korupsi yang sekarang sedang mencuat di Kabupaten Biak Numfor hingga kini belum bisa diselesaikan oleh penegak...
Suarajournalist-kpk.id-Jakarta-Maraknya prilaku corrupt di tataran pejabat pemerintah semakin hari semakin memprihatinkan. Seakan Slogan Revolusi...
23 September 2019 | Dibaca: 95 Kali
Politisi Partai Gerindra Erwin Luthfi Daftarkan Gugatan Ke PTUN

Pasca Pemilu 2019 ada calon legislatif yang lolos terpilih dan tidak tepilih. Salah satu politisi Gerindra Ervin Luthfi asal Garut yang pada pemilu 2019 lolos melalui hitungan KPU melenggang ke sanayan, secara serta Merta  diberhentikan oleh DPP Gerindra. Pasca putusan tersebut , ia melakukan gugatan ke PTUN bersama kuasa hukumnya dalam putusan KPU Jakarta Selatan. Amin Fahrudin selaku kuasa hukum, menilai keputusan DPP Gerindra yang memberhentikan kliennya adalah tindakan sewenang-wenang dan ganjil.

Akibat dari dia diberhentikan politisi muda asal Garut ini gagal menduduki kursi DPR karena kedudukannya digantikan oleh Mulan Jameela yang notabenenya istri dari musisi Ahmad Dani dan juga calon legislatif dari partai Gerindra dapil Jabar.

Kuasa hukum Ervin Lutfi, mengaku hingga saat ini kliennya tak pernah tahu apa alasan pemberhentiannya dan apa landasannya bahkan prosesnya pun berlangsung secara mendadak.

Ervin Luthfi sendiri merupakan calon anggota DPR RI terpilih dari Dapil Jabar XI, Partai Gerindra, dengan meraih kursi ketiga dalam pemilihan Legislatif 2019 lalu dengan perolehan suara yang cukup besar yaitu sekitar lebih dari 33.000 suara.

Gugatan tersebut resmi disampaikan dan telah didaftarkan oleh Ervin Luthfi dengan Nomor gugatan: 187/ G/ 2019/ PTUN-JKT. Ia datang didampingi oleh kuasa hukumnya, beserta rekannya Amin Fahrudin, di gedung PTUN, Jakarta Timur pada hari Senin siang (23/9/2019).

Amin Fahrudin menegaskan pihaknya menggugat KPU karena tanggal 16 September 2019 yang lalu telah mengeluarkan surat keputusan berisi tentang perubahan atas keputusan KPU nomor 1318/PL.01.9-Kpt/06/KPU/VIII/2019 tentang penetapan calon terpilih anggota DPR dalam Pemilu 2019, dimana KPU menetapkan Mulan Jameela yang menggantikan calon terpilih Ervin Luthfi.

“Kami saat ini sedang menempuh upaya hukum dengan cara melakukan pendaftaran gugatan sengketa tata usaha negara melawan Komisi Pemilihan Umum (KPU),” .

“Jadi sementara karena adanya keputusan KPU ini nama Ervin Luthfi telah dicoret dan digantikan oleh saudari Mulan Jameela.

Lebih lanjut Amin menjelaskan pada Pileg 2019 di Dapilnya tersebut, Partai Gerindra mendapat tiga kursi untuk DPR RI, sementara Ervin Luthfi mendapatkan kursi ketiga dengan perolehan suara sekira 33.938 suara.

Meski demikian, DPP Partai Gerindra justru memilih untuk mengikuti putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait gugatan calon legislatif Mulan Jameela dengan melakukan pemberhentian keanggotaan Ervin dari Partai Gerindra.

Kami pada hari ini datang untuk menyatakan protes karena apa, karena pertama substansi dari pokok perkara dalam PN Jakarta Selatan itu adalah mengenai sengketa hasil Pemilu. Jadi mengenai perolehan suara Pemilu di Pemilu legislatif RI yang seharusnya bukan dilayangkan pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, akan tetapi itu merupakan ranah dari Mahkamah Konstitusi, ungkapnya.

Namun, Ervin mengaku masih menaruh harapan dan optimis untuk menjadi anggota legislatif di partai Gerindra.

“Pada prinsipnya, ia berharap untuk tetap menjadi bagian dari Gerindra dan ia tetap berharap menjadi bagian dari visi misi dari bapak Prabowo Subianto Ketua umum partai Gerindra.

Jl. Sunan Drajad No. 2B, Kel. Jati. Kec. Pulo Gadung
Kota Jakarta Timur. DKI Jakarta 13220
Telp. : 021 4786 3331
Mobile/HP : 0813.8438.7157 – 0856 9018 509
>