,
Jakarta, Suara Journalist KPK | Pengaduan dugaan tindak pidana  keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh Sekda selaku Atasan PPID...
Jakarta, Suara Journalist KPK | Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Pemantau Penyelenggara Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (DPN LP3 NKRI)...
Papua, SuaraJournalist-KPK | Menjelang 18 Tahun Otsus diberlakukan di Provinsi Papua, tidak efesien untuk mengatasi atau mengurangi berbagai...
Jakarta-Korupsi di Indonesia dewasa ini sudah merupakan patologi sosial (penyakit sosial) yang sangat berbahaya yang mengancam semua aspek kehidupan...
Jakarta, SuaraJournalist-KPK.ID | Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan bukti-bukti baru dalam kasus dugaan suap Dana Otonomi Khusus Aceh...
Jakarta, SuaraJournalist-KPK.ID | Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),...
10 Maret 2019 | Dibaca: 13 Kali
KICKS dan Diera Bachir bersama Plaza Indonesia Peringati International Women’s Day Gelar Pameran Foto #IAmTrulyWoman

Koran suarajournalist-kpk.id-Jakarta, 8 Maret 2019 – Dalam rangka memperingati International Women’s Day 2019Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) berkolaborasi dengan fotografer dan penggiat isu perempuan, Diera Bachir serta Plaza Indonesia menggelar pameran foto “#IAmTrulyWoman. Pameran foto yang dimulai pada tanggal 8 – 15 Maret 2019 ini terletak di Level 4 Atrium Plaza Indonesia Extension yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya melindungi diri, khususnya dalam pencegahan kanker serviks.
 
Data terbaru dari GLOBOCAN 2018 menunjukkan, kasus baru kanker serviks di Indonesia mencapai 32.469 kasus atau 17,2% dari presentase kanker perempuan di Indonesia. Bahkan, kematian akibat kanker serviks mencapai 18.279 per tahun atau sebanyak 50 perempuan Indonesia meninggal setiap harinya karena kanker yang sebenarnya dapat dicegah dengan vaksinasi HPV ini. Angka tersebut juga meningkat drastis dibandingkan data yang dirilis oleh GLOBOCAN sebelumnya di tahun 2012, yaitu 26 perempuan meninggal dunia setiap harinya karena kanker serviks. Tingginya angka tersebut menunjukkan bahwa kesadaran perempuan Indonesia dalam upaya pencegahan kanker serviks masih sangat minim.
 
dr. Venita, MSc, perwakilan dari Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta dan juga bagian dari KICKS mengatakan, “Bertepatan dengan International Women’s Day 2019, KICKS kali ini menggagas pameran foto dengan tema  “#IAmTrulyWoman” Adapun pesan yang ingin kami sampaikan dari tema ini adalah karena peran perempuan  sangatlah penting dalam sebuah kehidupan, maka perempuan Indonesia harus bisa melindungi diri dan menjaga kesehatannya, khususnya dalam pencegahan kanker serviks dengan vaksinasi HPV dan deteksi dini.”
 
Didukung oleh 28 tokoh perempuan Indonesia yang terdiri dari aktris, penyanyi, desainer hingga fashion influencers, pameran foto ini menjadi salah satu dari upaya advokasi KICKS yang telah berjalan sejak tahun 2017 lalu atas respon terhadap situasi kanker serviks yang semakin mengkhawatirkan di Indonesia dan mengancam kehidupan perempuan. Adapun ke-28 tokoh perempuan Indonesia yang terlibat adalah:
  1. Duta Cegah Kanker Serviks: Prilly Latuconsina, Melly Goeslaw, Syifa Hadju, Sarwendah dan Wulan Guritno
  2. Selebriti: Cinta Laura Kiehl, Chacha Frederica, Chelsea Olivia, Gisella Anastasia, Jessica Iskandar, Jessica Mila, Luna Maya, Nagita Slavina, Nia Ramadhani Bakrie, Olla Ramlan Aufar, Putri Marino, Ririn Dwi Ariyanti, Rossa, Tasya Kamila, Tatjana Saphira, Titi DJ dan Yuki Kato
  3. Desainer dan anak: Ghea Panggabean, Amanda Soekasah dan Janna Soekasah-Joesoef
  4. Influencers: Anaz Siantar, Sonia Eryka dan Kallula
 
Merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa bagi KICKS untuk dapat berkolaborasi dengan fotografer yang juga peduli akan kesehatan perempuan, Diera Bachir serta didukung oleh 28 tokoh perempuan Indonesia yang sangat inspiratif. Kami harap, melalui karya seni fotografi ini, pesan kami dapat tersampaikan sehingga perempuan Indonesia dapat tergerak untuk segera melindungi dirinya dari kanker serviks melalui vaksinasi HPV atau deteksi dini,” tambah dr. Venita.
 
Ditemui pada kesempatan yang sama, Diera Bachir, fotografer dan penggiat isu perempuan turut membagikan pendapatnya atas pameran foto "#IAmTrulyWoman ini”, “Saya sangat senang dapat bersama-sama KICKS menghadirkan karya yang tidak hanya memiliki nilai seni, tetapi juga memiliki sebuah tujuan yang positif.”
 
“Sebagai seorang fotografer, saya selalu ingin menyampaikan sebuah cerita, sehingga melalui pameran ini, saya ingin menyampaikan pentingnya peran seorang perempuan dalam kehidupan bagi dirinya maupun lingkungan sekitarnya. Tidak hanya didukung oleh para tokoh perempuan saja tetapi seluruh tim yang terlibat adalah para perempuan yang kuat dan hebat yang datang dari berbagai latar belakang profesi baik make up artis, pengarah gaya maupun dekorator. Melalui karya saya dan pameran foto “#IAmTrulyWoman” ini, saya berharap perempuan Indonesia semakin menyadari bahwa menjaga kesehatan sangatlah penting. Semoga perempuan-perempuan Indonesia semakin sehat sehingga dapat terus berkarya dan membawa manfaat positif bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitarnya,”tambah Diera.
 
Menanggapi hal tersebut, di sela-sela acara Duta dan Juru Bicara KICKS, aktris Prilly Latuconsina menyatakan, “Sebagai seorang perempuan yang aktif, pastinya saya harus memiliki tubuh yang sehat untuk dapat menjalani aktivitas dan terus berkarya menggapai apa yang menjadi impian saya. Melalui pameran foto “#IAmTrulyWoman, KICKS ingin mengajak perempuan Indonesia untuk menyadari pentingnya memiliki tubuh yang sehat dan terbebas dari kanker serviks yang dapat merenggut impian mereka.”
 
Selain pameran foto “#IAmTrulyWoman”  KICKS juga membuka booth edukasi dimana pengunjung Plaza Indonesia bisa mendapatkan informasi mengenai kanker serviks dan mendapatkan pelayanan vaksinasi HPV. Bekerja sama dengan In Harmony Clinic, pengunjung juga dapat memaksimalkan kehadiran booth edukasi ini untuk bertanya langsung atau berkonsultasi seputar kanker serviks dengan dokter dari In Harmony Clinic.
 
Terkait partisipasi pihak Plaza Indonesia dalam kegiatan sosial ini, Astri Abyanti Permatasuri, General Manager Level 4, 5, 6 & Leasing, perwakilan dari Plaza Indonesiamengatakan, “Saat ini, masalah kanker serviks terus menjadi perhatian yang mengkhawatirkan bagi generasi perempuan Indonesia. Plaza Indonesia sangat senang dapat mendukung kolaborasi dari KICKS dan Diera Bachir ini dalam upayanya melakukan sosialisasi, promosi pencegahan serta edukasi kanker serviks kepada masyarakat, khususnya perempuan Indonesia agar segera dapat tergugah untuk melakukan tindakan lebih lanjut. Sejalan dengan komitmen kami dalam menghadirkan program yang bermanfaat, pameran foto “#IAmTrulyWoman” dan booth edukasi ini diharapkan dapat menjadi hal positif yang menarik para pengunjung setia Plaza Indonesia untuk tergerak melindungi dirinya dan memberikan dukungan terhadap pencegahan kanker serviks.”
 
Lebih lanjut lagi, selama pameran dan boothedukasi berlangsung, KICKS nantinya akan melakukan beberapa kegiatan seperti diskusi pencegahan kanker serviks dengan komunitas perempuan serta pemberian vaksinasi HPV kepada 2 aktris Indonesia untuk menunjukan upaya pencegahan kanker serviks secara nyata.
 
“Sudah saatnya kita sebagai perempuan menyadari bahwa kita memiliki peran yang besar bagi masyarakat dan kehidupan. Maka dari itu, mulailah dengan mengambil kontrol penuh kesehatan kita sehingga dapat terus berkarya bagi diri sendiri maupun orang yang kita sayangi. Mari kita cegah kanker serviks dengan vaksinasi HPV dan deteksi dini segera!,” tutup Prilly.
 
 
Jl. Sunan Drajad No. 2B, Kel. Jati. Kec. Pulo Gadung
Kota Jakarta Timur. DKI Jakarta 13220
Telp. : 021 4786 3331
Mobile/HP : 0813.8438.7157 – 0856 9018 509
>